Selasa, 14 Oktober 2014

Komisi l DPR Awasi Pengadaan Helikopter Apache

Komisi l DPR Awasi Pengadaan Helikopter Apache - Jakarta (MID) – Komisi I DPR RI memastikan akan mengawasi realisasi pengadaan 8 unit helikopter Apache produksi Amerika Serikat. Kontrak pengadaan heli jenis serbu itu sudah diteken Menteri Pertahanan Poernomo Yusgiantoro, Senin pekan kemudian.

Menurut Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin, kebijakan pembelian alutsista itu disepakati DPR dan pemerintah dengan syarat ada komitmen alih teknologi, jaminan suku cadang, serta bebas gunakan.

Komisi l DPR Awasi Pengadaan Helikopter Apache

"Adapun yang akan kami awasi adalah gimana realisasi pembelian helikopter itu, sudahkah sesuai syarat. Jika perlu kemudian alutsista itu kami produksi sendiri di dalam negeri, " katanya di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (2/9).

Pembelian Apache sudah direncanakan sejak awal 2013. Tetapi, TNI Angkatan Darat belum merealisasikannya karena Kementerian Keuangan memasukkannya dalam anggaran reguler sehingga bikin berat. Khawatir biaya operasional terganggu, TNI AD kemudian meminta tambahan anggaran khusus pada APBN 2014.

Pembelian alutsista itu menghabiskan anggaran Rp 6, 4 triliun. Pada Oktober 2014, helikopter itu diharapkan sudah datang lengkap dengan senjata dan suku cadangnya.

Komisi l DPR Awasi Pengadaan Helikopter Apache Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vera Aulia